Kurikulum

KURIKULUM KELOMPOK BERMAIN & TAMAN KANAK-KANAK

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) TK dilaksanakan dengan mengadopsi metode BCCT (Beyond Centers and Circle Time), yaitu konsep dan metode belajar yang menekankan pada kegiatan bermain sebagai kegiatan inti dan berpusat pada aktivitas anak (student centered), dengan penyesuaian-penyesuaian dari pendekatan lainnya. Kurikulum TK dirangkai melalui tema dan sub tema yang disesuaikan dengan acuan Peraturan Menteri No. 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD.

Aspek pengembangan pembelajaran adalah mendorong kompetensi anak dalam bidang-bidang sebagai berikut: Religion & Moral Character (Agama dan moral-karakter), Affection (Afeksi/Emosi), Social Emotional (Sosial Emosi), Cognitive (Kognitif, cara berpikir/pengetahuan), Language (Bahasa), Psychomotor (Psikomotorik, motorik kasar dan halus).

Pusat kegiatan (sentra) siswa terbagi dalam: Preparation (PREP)untuk mempersiapkan siswa dengan kemampuan menulis dan membaca awal; STEM-Blocks (Science, Technology, Engineering, Mathematics)untuk memperkenalkan siswa kepada kegiatan yang berkaitan dengan teknologi, pengetahuan/bahan alam, pengenalan angka dan konsep hitung; Language Culture & Physical Education (LC-PE) untuk memperkenalkan siswa kepada berbagai jenis budaya dan pengembangan bahasa (bahasa Indonesia & Inggris), serta pengembangan motorik kasar melalui kegiatan fisik/olahraga, Practical Life & Art (PLA)untuk mendorong siswa menguasai keterampilan praktis sehari-hari seperti memasang tali sepatu/kancing sendiri serta kegiatan seni.

KURIKULUM SEKOLAH DASAR

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) digunakan sebagai kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Epata School. Selain mata pelajaran pokok, Epata School memiliki English Enrichment Program (EEP),yaitu pengayaan bahasa Inggris melalui pengembangan kosakata dalam bahasa Inggris (vocabularies) serta Reading Journal yang mendorong budaya membaca buku pada siswa. Kesemuanya itu bertujuan agar siswa dapat berbahasa Inggris aktif di dalam kelas.

Selain itu, kami juga melengkapi siswa dengan pelajaran bahasa Mandarin, serta ibadah pagi (morning devotion)secara Kristiani untuk pendidikan moral-keagamaan siswa. Kegiatan ekstrakurikuler yang diberikan antara lain musik (angklung, keyboard, marching band), olahraga (badminton & basket), seni drama dan seni lukis.